Hidup Adalah Perjuangan

Sosok Polisi Yang Paling Teladan Dan Sederhana Namun Tak Di Kenal Dalam Sejarah

Sosok Polisi Yang Paling Teladan Dan Sederhana Namun Tak Di Kenal Dalam Sejarah

Ada asumsi yang mengatakan jika tugas dan profesi seorang Petugas Kepolisian sangat melekat dengan yang nama nya menyuap dan korupsi. Terutama para polisi yang bertugas di lalu lintas. Tak heran banyak masyarakat Indonesia yang takut jika harus mengalami tindakan mereka yang berupa tilang hingga ke jalur hukum. Namun ada juga yang berujung damai dengan cara menyuap. Tapi itu semua hanya pandangan sepihak. Masih banyak polisi yang mempunyai nilai jujur dan menginspirasi.

Menurut Abdurahman Wahid alias Gusdur, hanya ada tiga Polisi jujur di Indonesia ini. Mereka adalah patung Polisi, Polisi tidur dan Mantan Kapolri, Hoegeng Iman Santoso. Namun, ternyata masih ada terselip nama Polisi jujur yang mengharumkan nama lembaganya tersebut.

Sosok Polisi Lalu Lintas Yang Jujur

Kepolisian Indonesia pernah mempunyai seroang Jenderal yang mengharumkan nama Korpsnya. Dialah Inspektur Jenderal Ursinus Ellias Meddelu. Ia menjabat sebagai Direktur Lalu Lintas Markas Besar Angkatan Kepolisian tahun 1965-1972. Meski posisinya merupakan lahan yang basah untuk memperkaya diri, sosok pria yang pernah menjabat sebagai Kadapol (Kapolda sekarang), Sumatera Utara tersebut, tak tertarik untuk melakukannya.

Jenderal Yang Tak Bisa Biayai Kehidupan Keluarga

Meski memegang jabatan tertinggi pada divisi lalu lintas yang dikenal menggirukan tersebut, toh Inspektur Jenderal Ursinus tetap tegas pada pendiriannya. Alih-alih memperkaya diri, ia bahkan tak sanggup membayar kuliah anak-anaknya karena kekurangan biaya.

Yang mengharukan, Jenderal jujur ini baru bisa mencicil pembayaran mess yang dibelinya justru setelah pensiun dari jabatannya di Kepolisian. Jika dibandingkan dengan Perwira Polisi masa kini, tentu sangat jauh bak bumi dan langit.

Jenderal Ursinus tidak termasuk dalam catatan polisi yang identik dengan korupsi atau ikut-ikutan uang dengan cara haram. Sosok tersebut adalah Hoegeng Iman Santoso, seorang Jenderal Polisi yang terkenal karena kejujurannya, menjadi teladan bagi dirinya.

Sosok Polisi Yang Sangat Sederhana Hingga Akhir Hayat

Sosok yang jujur dan bersahaja dalam kehidupannya, sosok Jenderal Ursinus Ellias Meddelu tetap dengan kebiasaanya tersebut hingga akhir hayatnya. Bahkan rumah yang sekarang ditempati oleh anak-anaknya, dinilai tak layak untuk sekelas Jenderal Polisi seperti dirinya.

Rumah yang dulunya merupakan mess Dirlantas Polri yang sudah tak digunakan, terlihat sangat sederhana meski mempunyai ukuran besar dengan banyak kamar. Kesederhanan yang terlihat dari rumah tersebut, membuatnya namanya tetap harum dikenang sebagai teladan bagi generasi Polisi Lalu Lintas mas kini.

Kejujuran dan sikap yang sederhana di setiap langkahnya, membuat Jenderal Ursinus Ellias Meddelu, dikenang sebagai sosok Polisi teladan yang patut dicontoh. Yang terpenting, ia merupakan figur Polisi yang anti suap dan perilaku bejat seperi korupsi pada masanya.