Membanggakan, Kisah Sukses Anak Nelayan Meraih Beasiswa
Cerita Rakyat Inspirasi Dan Motivasi

Membanggakan, Kisah Sukses Anak Nelayan Meraih Beasiswa

Membanggakan, Kisah Sukses Anak Nelayan Meraih Beasiswa

Sukses itu tidak diukur dai apa yang dikerjakan. Meski mempunyai profesi sebagai Nelayan, mempunyai penampilan yang sederhana dan bau amin bukan berarti mereka tidak mempunyai cita-cita.

Sosok Elita Tirta Triningrum menjadi Inspirasi lingkungan sekitar yang sempat beranggapan negatif kepada keluarganya ditambah dengan kondisi keluarganya yang sangatlah berbeda.

Meskipun tahu tentang keuangan keluarganya, Elita tetap membantu sang ayah mencari ikan, tak ada yang menyangka jika ia merupakan sosok cerdas yang berprestasi. Kegiatannya melaut, semata-mata hanyalah niat tulus dirinya untuk membantu keadaan ekonomi keluarganya yang pas-pasan.

Dulu, saya sendiri sering ikut orang tua ke laut untuk cari ikan. Biasanya saya disuruh ngumpulin hasil tangkapan atau membuang air laut yang masuk ke perahu supaya enggak tenggelam waktu menjaring ikan,” kata Elita yang dilansir dari edukasi.kompas.com.

Dengan kondisi keuangan yang sangat pas, Elita justru tak mengendurkan semangat untuk mengejar mimpinya meraih prestasi.

Untuk itu, ia pun berusaha aktif mengikuti pendidikan formal di salah satu SMK Remaja di kawasan Pluit. Elita bahkan rela meluangkan waktunya untuk mengajar anak-anak nelayan lainnya di PAUD, Paket A, B, C, TPA, serta menar

Dengan kekompakan keluarga, Sang Ibu juga semangat membantu perekonomian keluarganya, ia bekerja sebagai penjahit. Meski hasilnya memang tak cukup, Ia juga beralih pada usaha makanan.

Ibu Elita berjualan otak-otak, dan hal ini membuat bangga keluarga karena Elita juga ikut turun membantu kedua orangtuanya berjualan otak-otak.

Saya sehari hari ngajar anak-anak, kalau libur itu bantu mamah sama bapak jualan otak-otak. Cuman kalau misalnya emak ada yang bantu ya saya ngelaut sama bapak,” ujar Elita

Inisiatif sendiri dengan berjualan otak-otak itu ya emang enggak seberapa hasilnya. Cuman ya bisa disisihin dari uang jual otak-otak itu diolah lagi biar cukup untuk seminggu kuliah. Kalau kuliah bawa bekel dari rumah,” ucap Elita.

Karena perannya yang aktif di sekitar lingkungan nelayan, membuat sosok Elita menyita perhatian banyak pihak. Ia pun kerap ditunjuk sebagai perwakilan untuk beberapa kegiatan. Seperti menjadi Duta Anak DKI, peserta Kongres Anak Indonesia di Banten, serta Forum Anak Nasional.

Berkat semangat dan prestasi yang ia dapatkan, dengan ketekunan dan usaha Elita Tirta Triningrum berhasil menerima penghargaan beasiswa penuh untuk menempuh pendidikan di Podomoro University.

Usaha dan kerja keras Elita terbayarkan. Apapun yang dilakukan juga sangat membanggakan keluarganya. Berbekal beasiswa yang diperolehnya, Elita siap merajut asanya meraih prestasi yang selama ini diidamkannya.