Kisah Perdana Menteri Inggris Si 'Wanita Besi' Margaret Thatcher
Inspirasi Dan Motivasi Inspirasi Dunia Tokoh Inspirasi

Kisah Perdana Menteri Inggris Si ‘Wanita Besi’ Margaret Thatcher

Kisah Perdana Menteri Inggris Si ‘Wanita Besi’ Margaret Thatcher

Siapa itu Margaret Thatcher ? Ia dikenal sebagai Perdana Menteri Pertama di Inggris. Kala itu ia di pilih sebagai Perdana Menteri Inggris pada tahun 1979. Selain menjadi Perdana Menteri Pertama, sosok Margaret juga merupakan perempuan pertama di Benua Eropa.

Selain itu, dia juga menjadi perdana menteri pertama yang mampu menang tiga pemilihan berturut-turut di abad ke-20. Pada tahun 1990 ia pensium. Namun nama nya selalu dikenang karena Margaret merupakan Perdana Menteri dengan jabatan pertama di Inggris sejak 1827.

Di tangannya, Thatcher merevolusi perekonomian Inggris menjadi liberal, dan menjadi pemimpin terkenal sejak Winston Churchill. Dan ia dikenal dengan julukannya sebagai ‘Wanita Besi‘ atau ‘The Iron Lady‘.

Kehidupan Muda Margaret Thatcher

Margaret Thatcher lahir pada tanggal 13 oktober 1925 di Gantham Lincolnsihre, Inggris yang merupakan anak dari pasangan Alfred Roberts yang berasal Northamtonshire dan ibu bernama Beatrice Ethel Stephenson dari lincolnsihre.

Sejak kecil ia merupakan gadis yang terkenal cerdas, masa kecilnya dihabiskan di Lincolnshire, Kota kelahiran ibunya, disana ayahnya membuka usaha toko serba ada. Ia dibesarkan di flat yang berada diatas toko bersama kakaknya yang bernama Muriel yang dilahirkan pada tahun 1921.

Ayahnya merupakan tokoh yang dihormati di kota Grantham di Lincolnshire yang kelak menjadi walikota di kota tersebut dan kemudian mengajarkan Margaret Thatcher mengenai politik konservatif. Ayah Margaret Thatcher selain sebagai pengusaha, ia juga merupakan seorang pendeta di kota tersebut, disitu Margereth kecil juga ikut sebagai anggota paduan suara gereja.

Masa Remaja Margaret Thatcher

Sekolah dasar Margaret Thatcher di Huntingtower Road Prymary School, selama bersekolah, Margaret Thatcher dikenal sebagai sosok yang tekun dan pekerja keras meskipun nilai rapor sekolahnya tidak terlalu hebat. Lulus dari Huntingtower Road Prymary School, Margaret Thatcher kemudian melanjutkan sekolahnya di Kesteven and Grantham Girls School.

Margaret Thatcher kemudia masuka Universitas Oxford Inggris dan ia mendapat beasiswa. Di Oxford Margaret Thatcher belajar mengenai kimia di Somerville College, Universitas Oxford. Di kampus itu juga ia aktif sebagai Presiden Asosiasi Konservatif Oxford di tahun 1946 disitu ia banyak belajar mengenai politik konservatif.

Pada tahun yang sama Margareth Thatcher lulus dengan gelar Bachelor of Arts. Lulus dari Oxford , ia kemudian bekerja di sebuah perusahaan bernama BX Plastics di kota Colchester di Essex dengan posisi sebagai peneliti kimia di tahun 1947. Dan ia juga menjadi perwakilan Asosiasi Konservatif Alumni Universitas Oxford.

Kehidupan Pernikahan Margaret Thatcher

Margaret Thatcher menikah dengan Denis Thatcher tanggal 13 desember 1951 di Kapels Wesley’s di City Road, London. Setelah menikah Margaret terpilih menjadi menteri pendidikan di bawah kepemimpinan perdana menteri Edwarth Heath.

Puncak Karir Margaret Thatcher

Margaret Thatcher menang dalam pemilu partai Konservatif di tahun 1979 dan membawa namanya menjadi Perdana Menteri Inggris serta Wanita Pertama di Inggris yang menjabat. Langkah awal ketika ia menjabat adalah membuat sebuah koalisi yang loyal dalam parlemen, kemudian mengadakan diskusi terbuka serta menerapkan pasar terbuka.

Kisah Margaret Thatcher ‘The Iron Lady

 

Pada saat ia memimpin Inggris dalam perang melawan Argentina dalam perang Falklands yang terjadi di tahun 1982 dan mencapai Kemenangan Inggris dalam perang tersebut. Margaret Thatcher terpilih kembali sebagai Perdana Menteri dalam pemilu kedua di tahun 1983.

Margaret Thatcher diektahui lolos dari percobaan pembunuhan atas dirinya ketiika sebuah bom meledak di hotel tempat Partai Konservatif akan menyelenggarakan Konferensi di Brighton. Serangan bom tersebut dilakukan oleh IRA atau dikenal sebagai teroris Irlandia.

Di tahun 1987, Margaret Thatcher kemudian terpilih kembali menjadi perdana menteri dalam kali ketiga. Ia kemudian memperkenalkan sistem untuk meningkatkan pendapatan, mengganti pajak pemerintah lokal dengan ‘duty poll’.

Kerusuhan paling serius terjadi pada tahun 1990 di Trafalgar Square, London. Kebijakan pajak yang dinilai amat memberatkan serta gejolak politik, kerusuhan dan tekanan internal partai membuat Margaret Thatcher kemudian mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri pada tahun 1990.

Ketika ia mengundurkan diri, ia digantikan oleh John Major. Pada tahun 2003, suaminya Dennis meninggal dunia dan ia memutuskan menjadi pembicara aktif. Berselang 10 tahun, Margaret Thatcher meninggal dunia di London, pada 8 April 2013 setelah menderita stroke.

Julukannya sebgai ‘The Iron Lady’ atau Si wanita Besi diberikan oleh seorang wartawan militer bernama Kapten Yuri Gavrilov yang berasal dari Rusia. Julukan tersebut muncul pertama kali di harian Red Star pada tahun 1976 karena konsistensi Margaret Thatcher dalam menentang komunisme dalam Uni Soviet. Selama ia berpolitik dan menjabat sebagai perdana menteri ia dikenal sebagai pemimpin wanita yang sangat tegas.

Dalam politik, jika kamu ingin sesuatu, tanyakan pada pria. Tapi jika kamu ingin sesuatu beres, tanya pada wanita – Margaret Thatcher.

Kisah kehidupan mengenai Margaret Thatcher kemudian diangkat menjadi sebuah film yang berjudul ‘The Iron Lady’ yang menceritakan mengenai biografi dari Margaret Thatcher.