Kisah Dari Pendiri Bukalapak From Zero To Hero

Kisah Dari Pendiri Bukalapak From Zero To Hero

Perkembangan tekonologi semakin merajalela. Selain maju membuat pengguna Internet semakin menambah dengan cepat dan itu merupakan kebutuhan manusia yang sangat sulit ditinggalkan. Internet telah menjadi media yang memudahkan kehidupan manusia modern.

Segala macam ilmu dan perubahan apapun, berita, hingga informasi semua dapat di akses melalui Internet. Berbagai hal kini bisa diakses secara online melalui internet, termasuk dalam hal jual beli atau ecommerce yang sedang menjadi trend di masyarakat Indonesia. Bukalapak menjadi salah situs jual beli yang sedang melejit diantara banyak situs ecommerce di Indonesia.

Achmad Zaky, dikenal sebagai sang pendiri situs bukalapak menyuguhkan perjalanan panjang yang dilalui dengan perjuangan dan kerja keras hingga ia berhasil menuju titik sukses dan menjadi salah satu pebisnis yang disegani di Indonesia. Bukalapak telah hadir dengan banyak pasar saingan namum tetap menjadi pasar yang dicari para pengguna Internet.

Kehidupan Achmad Zaky       

Pria kelahiran Sragen, Jawa Tengah, 24 Agustus 1986 ini memang mempunyai bakat yang menonjol dari kecil. Achmad Zaki mempunyai bakat informatika yang membawanya menjadi pendiri Bukalapak. Ketertarikan serta tekat belajarnya yang kuat muncul dari ia sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Pada tahun 1997 ia sudah mulai mengenal pemrograman komputer dari berbagai buku yang telah menjadi temannya. Kecerdasan Achmad Zaky tak terbantahkan. Ia tumbuh menjadi pribadi yang memiliki otak cemerlang.

Saat duduk di bangku sekolah menengah atas di SMAN 1 Solo, ia menjadi wakil sekolahnya yang berkesempatan untuk mengikuti ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) dalam bidang komputer dan menjadi juara hingga tingkat nasional.

Alumni ITB

Tidak perlu diragukan lagi, jika mendengar nama Institut Tekonologi Bandung atau lebih dikenal ITB. Ahcmad Jaki merupakan pria kelulusan ITB Bandung pada tahun 2004. Pada saat itu jurusan Teknik Informatika merupakan pilihannya dan merupakan suatu kebanggan mahasiswa dengan predikat Cum Laude atau riwayat akademik dengan IP 4.00 pada semester satu.

Biografi Achmad Zacky terkait dengan prestasi terlihat dari berbagai kegiatan kampus yang diikuti. Ia bahkan menjadi penggagas berdirinya beberapa organisasi di kampus diantaranya adalah ShARE Global Student Think-Tank, Entrepreneur Club ITB yang kemudian dikenal dengan Technoentrepreneur Club (TEC) ITB.

Dan aktif dalam Amateur Radio Club (ARC) ITB. Segudang prestasi lain juga diperoleh saat masih berkuliah di ITB seperti juara II Indosat Wireless Innovation Contest, menyabet Merit Award pada kompetisi INAICTA (Indonesia ICT Awards). Ia kemudian mendapat kesempatan untuk studi di Oregon State University melalui beasiswa dari pemerintah Amerika Serikat dan menjadi wakil ITB di Harvard National Model United Nations.

Kehidupan Pernikahan

Achmad Zaky kemudian menikah dengan wanita bernama Diajeng Lestari dan memiliki anak bernama Laiqa Anzani. Achmad Zaky juga membantu istrinya mengembangkan usahanya dalam bidang toko online busana muslimah yang diberi nama hijup.com.

E-commerce Bukalapak

Bukalapak merupakan situs belanja online yang dapat di akses secara gratis dan digunakan sebagai media untuk mempertemukan penjual dan pembeli. Melalui aplikasi atau website anda akan diberikan kepuasan dengan meminimalisir waktu dalam berbelanja hanya dengan menggunakan Internet. Dan yang lebih meyakinkan lagi pembayaran yang diberikan disitus ini tidak langsung kepada pihak penjual melainkan mitra yang bekerja sama dengan situs yang di dirikan oleh Achmad Zacky.

Achmad Zaky memang memiliki kepintaran yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Sederet prestasi akademik menjadi buktinya. Saat lulus dari ITB, Zacky memulai karir profesional dengan mendirikan bisnis konsultasi di bidang teknologi komputer.

Ia menjalankan bisnis dengan menangani pembangunan sistem IT perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Selain itu, ia juga pernah mengerjakan proyek pembuatan software untuk menghitung cepat hasil perolehan suara dalam Pemilu (quickcount) dari sebuah stasiun televisi swasta.

Terdorong dari keinginannya untuk membangun sebuah usaha yang bisa memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat, ia mendirikan sebuah situs yang merupakan marketplace, e-commerce dan Startup yang dikenal dengan nama Bukalapak di tahun 2010.

Tujuan dari didirikannya Bukalapak juga sangat mulia, yaitu untuk memajukan dan mengembangkan usaha dari para Usaha Kecil dan Mengenah (UKM) di Indonesia melalui media internet. Hingga kini buka Bukalapak terus berkembang dengan pesat dengan nilai transaksi mencapai 1 trilyun di tahun 2014.

Hal ini menjadikan Bukalapak menjadi salah satu ecommerce terkenal di Indonesia. Banyaknya investor yang terus menanamkan modal di Bukalapak menjadikan Bukalapak dapat bersaing dengan ecommerce lain di Indonesia.

Achmad Zacky telah mampu menunjukkannya sebagai tokoh hebat yang membuat Bukalapak menjadi situs yang sangat diperhitungkan. Kesuksesannya dalam mendirikan Bukalapak bahkan telah membawanya masuk dalam daftar 10 Technopreneur under 30th yang berpengaruh di Asia.