Inilah Kunci Sukses leijun Selaku Founder dan CEO Xiaomi Yang Mendunia
Inspirasi Dan Motivasi Inspirasi Dunia Motivasi Hidup Sukses Tokoh Inspirasi

Inilah Kunci Sukses Lei Jun Selaku Founder dan CEO Xiaomi Yang Mendunia

Inilah Kunci Sukses Lei Jun Selaku Founder dan CEO Xiaomi Yang Mendunia

Lei Jun yang merupakan Founder dan CEO Xiaomi menceritakan tentang model bisnis yang dilakoninya hingga sukses dan  bisa menjadi salah satu brand smart phone populer dalam waktu singkat.

“Tujuh tahun lalu, ketika saya mendirikan Xiaomi tujuan kami adalah membuat produk paling bagus di dunia dan menjualnya dengan harga modal serta memberikan kemudahan bagi seluruh pengguna di dunia. Dengan pemikiran seperti ini, kami memperoleh sukses yang luar biasa di Tiongkok,” kata Lei Jun, dalam sebuah wawancara eksklusif di Hotel Ritz Carlton Kuningan, Jakarta.

Lei Jun juga mengatakan bahwa Xiaomi akan menjadi bisnis terakhirnya setelah 28 tahun menggeluti bisnis. Mengawali karirnya di dunia bisnis, Lei Jun berpikir saat pertama kali didirikan, dia sudah bertekad untuk menjadi perusahaan global yang mendunia dan dicintai oleh pelanggannya.

“Tahun ini adalah tahun saya berbisnis ke 28. Di Tiongkok, saya sudah berkecimpung di berbagai jenis bisnis. Dari pengalaman saya dari berbagai bidang bisnis, hal yang saya pelajari adalah harus mendapatkan satu kepercayaan dan dicintai oleh pelanggan. Pada saat didirikan saja Xiaomi sudah menempatkan dirinya sebagai satu perusahaan global.”

“Saya seringkali mengatakan bahwa Xiaomi adalah perusahaan terakhir yang saya dirikan, kami pasti dan harus bisa menjadikan perusahaan ini menjadi perusahaan global dan membantu orang-orang di seluruh dunia untuk menikmati teknologi,” sambungnya.

Saat itu Lei Jun menjelaskan pihaknya berusaha menekan modal seefisien mungkin agar bisa memberikan harga jual di bawah harga pasar. Dia menyebut bahwa Xiaomi hanya mengambil keuntungan dari sisi sistem dan pelayanan.

“Kami tidak mengincar untung dari bagian hardware, dengan begitu produk kami kualitasnya akan sangat baik dengan harga yang sangat kompetitif tapi dijual di bawah harga pasar,” ujarnya.

Lei Jun mengatakan melalui prinsip yang ia terapkan ia  selalu menempatkan posisi pelanggan sebagai teman. Jika ingin pertemanan berjalan baik, hal pertama yang harus didapatkan adalah kepercayaan.

“Kami harus mendapatkan kepercayaan dari pengguna, dengan demikian bisa menjadi teman yang lama. Karena hanya dengan benar-benar dengan menganggap pelanggan sebagai teman kita akan mendapatkan persahabatan yang sejati.”

Dan perlu diketahui sebagai informasi, saat ini Xiaomi menempati urutan kelima brand smartphone di dunia. Di India, Xiaomi sudah merajai pasaran dan menempati urutan pertama. Lei Jun bertekad akan menjadi nomor satu di Indonesia dengan menerapkan model bisnis serupa dengan negara asalnya.

Kami akan menjalankan secara utuh seutuhnya model yang kami jalankan di Tiongkok secara bertahap di Indonesia. Xiaomi banyak sekali produk-produk keren yang pelan-pelan akan kami masukkan ke Indonesia.”